Tuesday, January 24, 2017

Pot Hidroponik Dari Botol Bekas Air Mineral - Tahap 1

 

Sudah lama saya tidak nongol di blog ini, karena beberapa kesibukan dan proyek offline yang saya tangani khususnya menyangkut hidroponik. Untuk itu pada saat ini ada kesempatan, saya manfaatkan untuk menampilkan cara pembuatan Pot Hidroponik dari Botol Bekas Air Mineral.

Pertama, kita tahu bahwa botol bekas air mineral di sekitar rumah kita ataupun di lingkungan kita dewasa ini sudah terlalu banyak, bahkan menjurus pada pencemaran lingkungan karena dibuang sembarangan atau bahkan dibakar. Untuk itu alangkah baiknya kita manfaatkan dan dapat bernilai ekonomis sekalian menyalurkan hobi bercocok tanam secara hidroponik.

Rencananya, saya akan tunjukkan bagaimana membuat rangkaian pot hidroponik karya sendiri seperti ini :

Rangkaian Pot Hidroponik isi 8 dengan satu botol refill

Tapi jujur saja, yang isi 8 di atas kurang bagus, jadi saya tambahi 4 jadi isi 12. Spesial untuk sobat semua yang berminat coba-coba ataupun konsen dengan hidroponik yang murah dan praktis.


Bahan dan Peralatan

Botol bekas air mineral - 13 buah
Paralon 3/4 - 175cm
Sambungan Paralon T 3/4 - 11 buah
Sambungan Paralon L 3/4 - 4 buah
Lem Paralon
Gergaji besi
Cutter
Amplas & Lap kain

Skema rangkaian Pot Hidroponik

Bagian-bagian rangkaian



Oke, sampai disini jelas ?, santai saja. Besok saya sambung lagi dengan Tahap 2 yaitu merangkai semua bagian menjadi satu kesatuan pot hidroponik praktis.

So, stay tune....


2 comments: